Sikap adalah pernyataan evaluatif terhadap objek,
orang atau peristiwa. Hal ini mencerminkan perasaan seseorang terhadap sesuatu.
Sikap mempunyai tiga komponen utama : kesadaran, perasaan dan perilaku. Sikap dapat
diartikan sebagai penampilan dari tingkah laku seseorang yang cenderung ke arah
penilaian dari masyarakat berdasarkan norma yang berlaku dalam masyarakat
tersebut.
Gagne (1947) mengatakan bahwa setiap sikap merupaka
suatu keadaan internal yang memperngaruhi pilihan tindakan individu terhadap
beberapa objek, pribadi dan peristiwa. Masih banyak lagi definisi tentang sikap
namun jika dicermati hampir semua kesamaan sikap merupakan suatu keadaan
internal atau keadaan yang masih berasal dari dalam diri manusia. Keadaan internal
tersebut berupa keyakinan yang diperoleh dari proses akomodasi dan asimilasi pengetahuan
yang mereka dapatkan, sebagaimana pendapat Piaget’s tentang proses perkembangan
kognitif manusia.
Secord dan Bacman (1964) membagi sikap menjadi tiga
komponen yaitu :
a.Komponen kognitif, komponen yang terdiri dari
pengetahuan. Pengetahuan inilah yang akan membentuk keyakinan dan pendapat
tertentu tentang objek sikap.
b.Komponen efektif, adalah komponen yang berhubungan
dengan perasaan senang atau tidak senang.
c.Komponen konatif, komponen sikap yang berupa
kesiapan seseorang untuk berperilaku yang berhubungan dengan objek sikap.
PERAN SIKAP
DALAM PENGEMBANGAN STRATEGI KONSUMEN
Pengukuran
sikap konsumen bagi pemasaran merupakan hal yang sangat penting. Dengan
mengetahui sikap, pemasar dapat mengidentifikasi segmen manfaat, mengembangkan
produk baru dan memformulasikan serta evaluasi strategi promosional. Sikap
konsumen terhadap suatu produk dapat bervariasi bergantung pada apa yang
menjadi orientasi. Berkenaan dengan sikap, pemasar diharapkan mengidentifikasi
segmen konsumen berdasarkan manfaat produk yang diinginkan oleh konsumen.
Pengembangan produk dapat dilakukan dengan terlebih dahulu mengetahui sikap
konsumen. Mengukur sikap konsumen bisa dilakukan dengan cara menyebarkan
kuisoner kepada kelompok konsumen sasaran yang sebelumnya telah diidentifikasi.
Dengan adanya kuisoner dapat mengukur sikap konsumen, tetapi tidak hanya
berhenti sampai disitu saja, sikap konsumen perlu terus menerus dipantau agar
produk yang dikembangkan benar-benar memenuhi keinginan konsumen. Sikap
konsumen merupakan hal yang sangat penting dalam pengembangan strategi
promosi. Dengan mengikuti apa yang diinginkan konsumen akan memudahkan bagi
pihak promosi untuk membuat iklan yang menarik perhatian.
HUBUNGAN
ANTARA SIKAP DAN PERILAKU
Perilaku adalah
respon individu atau kelompok terhadap lingkungan.
Menurut
James F, Roger D, Blackwell ,Paul W , dan Miniard dalam Saladin (2003 : 19) terdapat
tiga faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu :
Pengaruh
lingkungan, terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai
dasar utama perilaku konsumen adalah memahami pengaruh lingkungan yang
membentuk atau menghambat individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi
mereka. Konsumen hidup dalam lingkungan yang kompleks, dimana perilaku
keputusan mereka dipengaruhi oleh keempat faktor tersebut diatas.
Perbedaan
dan pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan,
sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi. Perbedaan individu merupkan
faktor internal (interpersonal) yang menggerakkan serta mempengaruhi perilaku.
Kelima
faktor tersebut akan memperluas pengaruh perilaku konsumen dalam proses
keputusannya.
Proses
psikologis, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap
dan perilaku. Ketiga faktor tersebut menambah minat utama dari penelitian
konsumen sebagai faktor yang turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam
penambilan keputusan pembelian.
Banyak
kajian dilakukan untuk merumuskan pengertian sikap, prose terbentuknya sikap,
maupun proses perubahannya. Banyak pula penelitian telah dilakukan terhadap
sikap untuk mengetahui efek dan perannya baik sebagai variabel bebas maupun
sikap sebagai variabel tergantung Kepercayaan konsumen terhadap suatu produk
bahwa produk tersebut memiliki atribut adalah akibat dari pengetahuan konsumen.
MEMPREDIKSI
PERILAKU DENGAN SIKAP
Terdapat
enam faktor yang mempengaruhi kemampuan sikap dalam memprediksi perilaku,
antara lain:
A.Tingkat
Keterlibatan Konsumen
B.Pengukuran
sikap
C.Pengaruh
orang lain
DFaktor
situasional
E.Pengaruh
merek lain
F.Kekuatan
sikap
sumber : klik disini dan klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar