Harga BBM (Bahan Bakar Minyak) resmi dinaikkan pada masa pemerintahan baru Jokowi-JK. Pertimbangan menaikkan bahan bakar minyak ini didasarkan pada penilaian pemerintah tentang pengguna BBM subsidi yang tidak tepat sasaran. Sebagai salah satu pemeran dalam kegiatan perekonomian produsen dituntut untuk membuat inovasi baru terkait dengan pembuatan produk baru agar teteap menjadi pilihan masyarakat walaupun dalam keadaan harga-harga meningkat secara umum.
Berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan produsen untuk menjaga loyalitas konsumen terhadap produknya :
Ketika produk Anda memiliki nilai yang cukup penting di mata para
konsumen, maka adanya perubahan harga tidak terlalu dihiraukan para
pelanggan Anda. Kondisi ini bisa kita lihat ketika harga jual sembako
dipasaran mulai merangkak naik, namun permintaan konsumen masih tetap
stabil karena pada dasarnya mereka membutuhkan barang-barang tersebut
untuk memenuhi keperluan hidup mereka setiap harinya.
2. Perkuat branding untuk menjaga loyalitas konsumen
Selain meningkatkan nilai kebutuhan produk, Anda juga perlu memperkuat brand tersebut untuk menjaga loyalitas konsumen.
Tak bisa kita pungkiri bila reputasi perusahaan atau brand image yang
mereka miliki cukup mempengaruhi psikologis para pelanggan, sehingga
tidak heran bila konsumen pun akan rela mengeluarkan uang lebih untuk
mendapatkan produk-produk bermerek terkenal.
3. Selaraskan kenaikan harga dengan peningkatan kualitas produk
Sebelum menaikkan harga produk, penting bagi Anda untuk memastikan
seberapa besar jaminan kualitas produk yang Anda tawarkan. Apabila
produk yang Anda tawarkan terkesan biasa-biasa saja, maka konsumenpun
akan ragu ketika hendak membeli produk tersebut dengan harga jual yang
melambung cukup tinggi. Karenanya, pastikan mutu dan kualitas produk
Anda tetap terjaga, bila perlu lakukan upgrade produk agar tampilan yang ditawarkan semakin menawan.
Meskipun masalah harga cukup sensitif bagi sebagian besar konsumen
menengah ke bawah, namun bagi kalangan atas hal tersebut tidak terlalu
berpengaruh dalam melakukan pembelian produk maupun jasa. Adanya pasang
surut harga menjadi hal yang wajar bagi konsumen kelas atas, sehingga
tidak menutup peluang bagi Anda untuk membidik mereka sebagai salah satu
calon konsumen yang cukup potensial. Sebab, biasanya para konsumen
kelas atas lebih mementingkan kualitas produk, brand, serta gaya hidup
mewah untuk menunjukan status sosial yang mereka miliki.
Sumber :
http://bisnisukm.com/mengatasi-kenaikan-harga-tanpa-harus-kehilangan-pelanggan.html
http://bisnisukm.com/mengatasi-kenaikan-harga-tanpa-harus-kehilangan-pelanggan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar