Halaman

Senin, 29 Desember 2014

BEBERAPA ISTILAH-ISTILAH DALAM PEMASARAN

1. Direct Marketing 
Direct Marketing adalah sistem marketing dimana organisasi berkomunikasi secara langsung dengan target customer untuk menghasilkan respons atau transaksi. Respons yang dihasilkan bisa berupa inquiry, pembelian, atau bahkan dukungan.

2.Advertising
Advertising dapat diartikan sebagai salah satu jenis pemasaraan dengan menggunakan jasa iklan. Dapat iklan beruupa iklan untuk media eletronik,cetak ataupun spanduk banner dsb.

3.Telemarketing
Telemarketing berasal dari kata Tele dan Marketing. Tele artinya jauh, marketing artinya aktifitas pemasaran. Jika diartikan secara keseluruhan telemarketing (biasa disingkat dengan TM) adalah aktifitas memasarkan produk atau jasa melalui saluran komunikasi jarak jauh (telekomunikasi).

4.Public Relation
Interaksi dan menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan untuk kedua belah pihak, dan merupakan profesi yang profesional dalam bidangnya karena merupakan faktor yang sangat penting dalam pencapaian tujuan organisasi dengan secara tepat dan dengan secara terus menerus karena public relation merupakan kelangsungan hidup organisasi yang bersangkutan.

5. Brand Awardness
Brand awareness menjadi salah satu faktor penting yang dibutuhkan para pelaku usaha untuk memperkuat brand produknya.

6. Market Share
Pangsa pasar (Market share) adalah persentase pasar yang ditentukan dalam ukuran unit maupun revenue dan dihitung berdasarkan specific entity. Market share merupakan sebuah indikator tentang apa yang dilakukan sebuah perusahaan terhadap kompetitornya dengan dukungan perubahan-perubahan dalam sales. 

7. Product Orientation
Perusahaan percaya bahwa mereka mempunyai produk yang superior, berdasarkan kualitas dan fitur. Berdasarkan anggapan ini, mereka mengira pelanggan akan menyukai juga produk tersebut.

8. Sales Orientation
Di sini perusahaan berfokus untuk memproduksi produk, lalu mencoba menjualnya ke target market. Tetapi masalahnya, kemungkinan besar pelanggan tidak menyukai produk yang ditawarkan kepadanya.

9. Market Orientation
Dalam hal ini perusahaan menempatkan pelanggan sebagai inti dari bisnis. Perusahaan mencoba memahami kebutuhan pelanggan dengan menggunakan metode riset yang sesuai. Proses yang sesuai juga diterapkan untuk memastikan informasi dari pelanggan sampai ke perusahaan. Inti dari semua aktivitas yang dilakukan perusahaan berfokus pada pelanggan. Di sini pelanggan sungguh menjadi raja.
Dalam iklim persaingan saat ini, menempatkan pelanggan sebagai inti sangatlah penting. Sementara banyak perusahaan di industri lain mungkin masih mengikuti konsep lain selain market orientation, mereka yang memilih untuk mengikuti market orientation mempunyai peluang yang lebih besar untuk sukses.

sumber : 
http://bisnisukm.com/brand-awareness.html
http://www.lebahmaster.com/bisnis-2/manajemen-bisnis/istilah-istilah-dalam-dunia-marketing-dan-contohnya

1 komentar: