Halaman

Sabtu, 02 November 2013

KOPERASI BAGI RAKYAT PEDESAAN

Sampai saat ini tidak semua masyarakat memahami betul apa itu yang dimaksud dengan koperasi. Bagaimana itu sistem koperasi? apa manfaat koperasi bagi rakyat ? dan mengapa harus memilih koperasi sebagai salah satu cara membantu perekonomian rakyat ? dan sebagainya. Hal hal sederhana tersebutlah  yang secara tidak langsung sebenarnya membuat koperasi Indonesia seperti jalan di tempat. Minimnya informasi,kurangnya sosialisasi dan sedikitnya lahan tempat penyebaran informasi tentang koperasi menjadikan koperasi Indonesia sulit berkembang.
Salah satu lapisan masyarakat yang minim mendapatkan informasi koperasi adalah masyarakat pedesaan. Masyarakat yang mayoritas memiliki pengetahuan yang minim tentang koperasi pada akhirnya bersikap apatis dan mengabaikan keberadaan koperasi di daerahnya.
Seperti yang dikutip dari sumber berikut ini dijelaskan bahwa koperasi memiliki beragam manfaat diantaranya :
1. Meningkatkan hasil anggota anggotanya,dimana hasil usaha yang diperoleh koperasi akan dibagikan kepada anggotanya sesuai dengan jasa dan aktivitasnya.
2. Menawarkan barang dan jasa dengan harga yang lebih murah.
3.Menumbuhkan motif yang berperikemanusiaan. Dimana koperasi bukan sekedar mencari keuntungan tetapi melayani dengan baik kebutuhan anggotanya.
4. Menumbuhkan sikap jujur dan keterbukaan dimana setiap anggota berhak tahu tentang laporan keuangan koperasi.
5.Melatih masyarakat untuk dapat menggunakan pendapatannya dengan lebih efektif.

Manfaat manfaat diatas adalah sebagian besar manfaat yang akan diterima masyarakat jika memilih koperasi sebagai wahana menyimpan dana dan kebutuhan simpan-pinjam dana.
Kembali kepada masyarakat pedesaan. Jika masyarakat pedesaan memilih koperasi sebagai wahana kegiatan perekonomian mereka maka akan banyak manfaat yang akan diperoleh diantaranya.
1. Dalam koperasi serba usaha misalkan,masyarakat pedesaan akan mendapatkan harga kebutuhan pokok pertanian dengan harga terjangkau karena pada dasarnya koperasi memiliki harga yang dibawah harga pasar.
2. Masyarakat pedesaan akan cenderung lebih bisa mengefektifkan penggunaan dana penghasilan dengan menyimpan dana di koperasi
3. Dalam koperasi simpan pinjam masyarakat pedesaan bisa meminjam dana untuk mengembangkan usaha baik dalam bidang peternakan,pertanian dan sebagainya,dengan sistem bunga yang relatif lebih rendah.
Manfaat diatas hanyalah sebagian dari manfaat yang akan diterima masyarakat pedesaan yang ingin memanfaatkan koperasi dalam perekonomiannya.
Sudah saatnya masyarakat pedesaan memiliki peran yang signifikan dalam kegiatan per koperasian. Karena banyak sekali manfaat yang akan diterima dengan adanya keikutsertaan menjadi anggota koperasi. Peran pemerintah juga sangat diharapkan dalam mengadakan sosialisasi tentang manfaat koperasi bagi masyarakat pedesaan khususnya bagi masyarakat terpencil yang minim informasi mengenai kegiatan koperasi. Pemerintah juga diharapkan mendukung adanya koperasi koperasi baru terutama buat masyarakat yang sedang giat giatnya menggalang dana untuk peningkatan perekonomian dalam pedesaan.

1 komentar: