Halaman

Minggu, 09 Juni 2013

PENGEMBANGAN BISNIS RETAIL DI INDONESIA

Indonesia merupakan salah satu surga untuk usaha kecil dan menengah atau UKM. Betapa cepatnya bisnis kecil terutama retail tumbuh di negeri ini.Namun pemahaman masyarakat tentang bisnis ini masih minim dan keinginan untuk mengembangkan bisnis retail juga kurang mendapat tempat di mata masyarakat bisnis Indonesia.
Padahal bisnis  ini merupakan salah satu industri terbesar di Indonesia. Dengan meningkatnya jumlah kelas menengah dan terus meningkatnya konsumsi masyarakat, maka pangsa pasar retail tersedia hingga ke pelosok.

Anda tertarik mengambangkan bisnis retail berikut hal hal yang perlu anda perhatikan :

Business plan
Rencanakan bisnis Anda. Dengan memulai bisnis berarti Anda telah berkomitmen dengan sejumlah (biasanya besar) uang Anda, dan energi yang akan Anda dedikasikan di dalamnya. Buatlah business plan sebagai peta. Dengan strategi yang tepat, akan lebih mudah bagi bisnis Anda untuk tumbuh berkembang dan makin kuat. Ingatlah bahwa pada umumnya 80% usaha atau bisnis baru tidak akan bertahan melewati tahun pertamanya.
Produk dan Jasa
Jika Anda mengharapkan pelanggan kelak membeli apa yang anda jual, kenalilah produk Anda. Sebaiknya Anda juga menyukai apa yang Anda jual. Pemilihan produk yang berkualitas baik dan memiliki keunikan dari pesaing akan dapat menjadi senjata andalan Anda.
Harga
Kenalilah pangsa pasar dan (calon) pelanggan Anda, juga pesaing Anda. Penentuan harga merupakan salah satu elemen terpenting dalam kesuksesan bisnis Anda, apalagi jika Anda bergerak di pasar yang price sensitive alias sangat sensitif terhadap harga dan cenderung membandingkan untuk mendapatkan harga termurah. Hitung juga kebutuhan operasional dan margin keuntungan Anda untuk mendapatkan harga yang wajar.
Lokasi
Lokasi ini bisa berupa tempat penjualan ataupun cara penjualan Anda (misalnya secara online). Untuk toko offline pilihlah tempat yang strategis di mana ada traffic atau lalu lintas calon pembeli dan pelanggan. Untuk toko online usahakan agar toko Anda mudah dicari di mesin pencari dan banyak dikenal orang.
Pelayanan
Pernah bertandang ke sebuah toko, mendapat pelayanan buruk, dan akhirnya memantapkan tekad untuk tidak pernah belanja di toko itu lagi? Nah itu yang akan terjadi jika Anda tidak menyediakan pelayanan yang baik. Untuk pemilik bisnis baru, semboyan “Pelanggan adalah Raja” harus sangat diterapkan. Perlakukan karyawan dengan baik, dan buatlah SOP/standar operasional yang bisa diterapkan semua karyawan agar bisnis baru Anda bisa memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan.
Promosi
Komunikasikan bisnis Anda. Anda dapat memasang iklan di berbagai media seperti spanduk/billboard, jingle di radio, iklan di koran dan berbagai trik marketing seperti diskon, bonus dan lain-lain untuk mempromosikan bisnis Anda. Jika Anda telah memiliki basis pelanggan setia yang puas dengan produk dan pelayanan Anda, akan lebih mudah karena mereka yang akan turut mengiklankan bisnis Anda.
sumber : klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar