Halaman

Senin, 10 Juni 2013

BLOG MAHASISWA - BUKAN TEMPAT COPAS

   Hari ini,entah mengapa rasanya ingin sekali menuangkan pikiran di blog. Hal ini sungguh bertolak belakang dengan kegiatan mengejar deadline yang belakangan saya kerjakan. Deadline yang dimaksud adalah batas penyerahan bukti telah melakukan postingan di blog. Anda bingung? baiklah,biar saya perjelas. Di Universitas tempat saya berkuliah,ada satu matakuliah,matakuliah tersebut disebut softskill. Softskill adalah salah satu matakuliah yang sebenarnya bertujuan membuat mahasiswanya lebih kreatif dan tidak sekedar terpaku pada matakuliah yang diajarkan di perkuliahan. 
   Cara melakukan matakuliah ini sebenarnya berbeda beda menurut para dosen. Namun umumnya hal yang sering dilakukan yaitu menulis tulisan/tugas pribadi di blog lalu kemudian mem-postingkannya di studentsite (akun pribadi mahasiswa aktif yang terhubung dengan sistem informasi lingk.universitas) sebagai tanda bukti. Namun diantaranya beragamnya sifat mahasiswa ada beberapa yang tidak mengindahkan perintah melakukan pengerjaan softskill. Alhasil,terciptalah beberapa blog blog yang berisikan tugas/tulisan hasil copy-paste dari beberapa sumber. Hal ini sebenarnya salah besar namun dapat juga dianggap sebagai hal yang lumrah. Bayangkan saja dintara ribuan mahasiswa tidak semua mahasiswa memiliki hobby apalagi skill menulis. Inilah yang menjadi hambatan terciptanya sesuatu 'tugas/tulisan pribadi' hasil dari penuangan ide,gagasan ataupun karya karya hasil pemikiran mahasiswa itu sendiri. Disamping skill yang terbatas,mahasiswa juga cenderung seolah diburu oleh yang namanya 'waktu' penyelesaian tulisan/tugas,dan inilah faktor yang menyebabkan mahasiswa cenderung 'addicted'  dengan yang namanya copy-paste.
    Dan sekarang,bagaimana cara membuat mahasiswa mencintai budaya tulis-menulis di blog?Ada beberapa hal sederhana yang sebenarnya secara tidak langsung membuat mahasiswa telah melakukan kegiatan tulis-menulis. Ketika anda meng-update status anda sebenarnya anda telah membuat suatu tulisan. Anda sedang galau lalu menulis status di facebook dan teman anda mengomentari,maka terciptalah suatu percapakan. Anda menulis status di twitter dan teman anda mengomentari,maka secara tidak langsung anda ada diposisi sedang menulis. Dan bagaimanakah jika anda merampungkan hal hal yang anda bicarakan tadi? bukankah tercipta suatu cerita?
      Demikianlah sebenarnya yang namanya mahasiswa, tulislah apa yang sedang dikerjakan. Dosen anda memberi anda materi pelajaran? ringkaslah dan posting di blog.Merasa rindu dengan orangtua atau kekasih anda? buatlah puisi,posting di blog. Anda merasa jengkel dengan pemerintah yang selalu korupsi? tulis ide-idemu,pendapatmu,posting di blog. Karena sebenarnya ribuan atau bahkan jutaan orang memerlukan tulisan anda.Tidak terlalu menguras tenaga dan tidak ada paksaan akan lebih menyenangkan bukan?

























-DOING WHAT YOU LIKE IS FREEDOM,LIKING WHAT YOU DO IS HAPPINESS-

2 komentar: