Halaman

Senin, 21 Januari 2013

MANUSIA & PANDANGAN HIDUP


- Makna Pandangan Hidup & Ideologi
 Manusia adalah bagian dari pandangan hidup.Tidak ada seorangpun manusia yang tidak memiliki pandangan hidup.Apapun yang di katakan manusia adalah sebuah pandangan hidup karena di pengaruhi oleh pola pikir tertentu.Pandangan hidup bersifat elastis,tergantung kepada situasi dan kondisi serta di pengaruhi juga oleh lingkungan hidup dimana manusia berada.
Pandangan hidup sendiri adalah pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. Pandangan hidup itu adalah sebuah jalur yang dibuat untuk menentukan arah kehidupan seseorang, Pandangan hidup itu ibarat wadah dan Manusia adalah ibarat air yang mengikuti bagaimana bentuk wadah.. tapi sekali lagi Manusia adalah penentu ingin menempati wadah seperti apa.
Pandangan hidup atau mungkin beberapa orang menyebutnya sebagai Prinsip hidup, menurut saya adalah ibarat sketsa untuk mengambar, tiang untuk mendirikan bangunan, dan draft postingan blog yang siap untuk dipublish. Pandangan hidup adalah dasar tentang proses menjalani kehidupan.
Sedangkan makna ideologi merajuk pada kumpulan ide atau gagasan. Kata ideologi sendiri diciptakan oleh Destutt de Tracy pada akhir abad ke 18 untuk mendefinisikan "sains tentang ide". Ideologi dapat dianggap sebagai visi yang komprehensif, sebagai cara memandang segala sesuatu secara umum (lihat Ideologi dalam kehidupan sehari hari) dan beberapa arah filosofis, atau sekelompok ide yang diajukan oleh kelas yang dominan pada seluruh anggota masyarakat. Tujuan untama dibalik ideologi adalah untuk menawarkan perubahan melalui proses pemikiran normatif. Ideologi adalah sistem pemikiran abstrak (tidak hanya sekadar pembentukan ide) yang diterapkan pada masalah publik sehingga membuat konsep ini menjadi inti politik. Secara implisit setiap pemikiran politik mengikuti sebuah ideologi walaupun tidak diletakkan sebagai sistem berpikir yang eksplisit.
- Makna Cita cita
Cita cita adalah salah satu bagian yang sangat ingin dicapai manusia. Cita cita merajuk pada satu hal yaitu sesuatu hasil dari apa yang selama ini diperjuangkan. Selama orang mau berusaha dan tetap punya tujuan yang disebut cita cita maka apa yang ingin dikerjakan tidak dirasakan begitu sia sia. Cita cita setiap orang tidaklah sama. Dari sekian banyaknya orang di muka bumi ini masing masing bisa punya cita cita yang sama ataupun berbeda. Namun apapun yang dicita citakan seseorang hendaklah dilakukan dengan sungguh sungguh,karena untuk mendapatkan cita cita memerlukan proses yang tidak sederhana seperti ketika kita mengucapkannya.

- Makna Kebajikan
Kebajikan dapat diartikan sebagai sesuatu yang mendatangkan kebaikan,keselamatan kebaikan,perbuatan baik.Kebajikan adalah karena dorongan hati dan perasaannya berbuat baik kepada orang lain,dan bukan karena seseorang mendesaknya untuk melakukan yang demikian.
Faktor-faktor yang menentukan tingkah laku setiap orang ada tiga hal:
Pertama faktor pembawaan (heriditas) yang telah ditentukan pada waktu seseorang masih dalam kandungan.
kedua yang menentukan tingkah laku seseorang adalah lingkungan (environ¬ment).
ketiga yang menentukan tingkah laku seseorang adalah pengalaman yang khas yang pemah diperoleh.

- Makna Manusia & Pandangan Hidup
Manusia adalah bagian dari penciptaan Tuhan atas segala sesuatu yang ada dibumi ini. Manusia terlahir tidak hanya dianugerahkan fisik saja melainkan dianugerahkan akal serta pikiran yang dapat menuntun tubuhnya melakukan hal hal yang positif. Sayangnya sebagai manusia,terkadang melakukan hal hal yang diinginkan oleh penciptanya semisalkan mengotori dirinya dengan minuman keras,free sex dsb dan melanggar apa yang diilhamkan Tuhannya kepadanya.Selain itu manusia juga cenderung menggunakan pikirannya tidak pada tempatnya demi memuaskan apa yang diinginkan hatinya semisalkan mencuri untuk mendapatkan harta yang berlimpah,korupsi dan sebagainya. Itulah sifat manusia,dan untuk menghindari hal hal tersebut hendaknya setiap manusia mendekatkan diri kepada sang pencipta agar terhindar dari dosa yang dapat menmbawa kehancuran pada diri sendiri dan juga kepada orang lain.
Dalam kehidupan manusia seharusnya memiliki pandangan hidup yang baik dan bergaul dengan orang orang yang membawa dampak hidup positif agar pandangan hidupnya membawanya ke jalan yang benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar