A. PENGERTIAN
SEGMENTASI PASAR
Segmentasi
pasar adalah kegiatan membagi bagi suatu pasar menjadi kelompok kelompok
pembeli yang berbeda yang memenuhi kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang
berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.
Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasi atau
menganalisa para pembeli di pasar produk, menganalisa perbedaan antara pembeli
di pasar. Mengingat luasnya pasar, maka kegiatan segmentasi pasar harus
dilakukan dengan maksud dan tujuan sebagai berikut:
a. Pasar lebih mudah dibedakan
b. Pelayanan kepada pembeli menjadi lebih
baik
c.Produk lebih responsif terhadap
kebutuhan pasar
d. Dapat Menganalisa pasar lebih mudah
e. Menemukan peluang setelah menganalisis
pasar
f. Mengetahui pergeseran-pergeseran yang
terjadi di dalam segmennya
g. Dapat menentukan strategi komunikasi
yang efektif dan efisien
B.
PENDEKATAN-PENDEKATAN SEGMENTASI PASAR
1. Pendekatan Karakteristik Konsumen
Pendekatan pendekatan segmentasi ada
beberapa macam diantaranya adalah pendekatan pendekatan
geografi,demografi,psikografi dan behavioral. Masing masing pendekatan memiliki
ciri ciri yang berbeda yang akan dipaparkan sebagai berikut :
a.Segmentasi Geografi
Pada segmentasi geografi
pengelompokan dilakukan berdasarkan faktor geografinya, seperti berdasarkan
negara, wilayah,kota,desa.
b. Segmentasi Demografi
Pada segmentasi demografi
mengelompokkan dilakukan berdasarkan variable usia,jenis kelamin, dan pekerjaan
c. Segmentasi Psikografi
Pada segmentasi psikografi konsumen
dapat dibagi menurut demografi tetapi seringkali ini tidaklah cukup. Perusahaan
ingin tahu lebih jauh apa sebenarnya yang membuat orang-orang yang memiliki
usia. Penghasilan, pendapatan dan pendidikan yang sama berbeda dalam hal
merespon terhadap produk. Dalam segmentasi psikografis, perilaku konsumen
diobservasi melalui gaya hidup,nilai-nilai kehidupan yang dianut , kepribadian
individu tersebut baik dari segi persepsi, motivasi maupun sikap
d. Segmentasi Behavioral(kebiasaan)
Ada beberapa syarat segmentasi yang efektif, yaitu:
-Dapat
diukur
-Dapat
dicapai
-Cukup
besar atau cukup menguntungkan
-Dapat
dibedakan
-Dapat
dilaksanakan
Pada segmentasi kebiasaan yaitu
dilihat dari pada pengetahuan,sikap,reaksi mereka terhadap suatu produk.
Seperti kebiasaan membeli,mengkonsumsi,dsb
Pembelian mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik.
Setiap pembeli, berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena itu
segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda.
Pemasaran massal
Pemasaran massal berfokus pada produksi massal,
distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang
hampir sama keseluruh konsumen.
Pemasaran segmen
Pemasaran segmen menyadari bahwa pembeli berbeda dalam
kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.
Pemasaran ceruk
Pemasaran ceruk (marketing niche) berfokus pada
sub-group di dalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu grup yang
didefiniskan dengan lebih sempit.
Pemasaran mikro
Praktik penyesuaian produk dan program pemasaran agar
cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran
mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.
Manfaat dari segmentasi pasar
adalah:
Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih
baik untuk memilih kesempatan-kesempatan pemasaran. Penjual atau produsen dapat
menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda,
sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai
segmen. Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik
pemasarannya.
B. ANALISIS DEMOGRAFI
Demografi adalah uraian tentang penduduk, terutama tentang
kelahiran, perkawinan, kematian, dan migrasi. Demografi meliputi studi ilmiah
tentang jumlah, persebaran geografis, komposisi penduduk, serta bagaimana
faktor-faktor ini berubah.
Analisis
yang dilakukan meliputi :
Pertumbuhan
populasi dunia
Bauran umur
populasi
Etnis dan
pasar lain
Kelompok
pendidikan
Pola rumah
tangga
Pergeseran
geografis dalam populasi
Perusahaan yang berhasil biasanya mengenali dan
menanggapi kebutuhan dan tren yang belum terpenuhi dengan mendapatkan laba dari
aktifitas pemasaran yang di lakukan oleh marketer. Perusahaan mendapatkan laba
yang sangat besar jika mereka dapat memanfaatkan fenomena yang terjadi dalam
faktor demografi dengan baik. Di lain sisi, perusahaan juga harus mampu
meminimalisir resiko dan ancaman yang timbul dari faktor demografi.
Sumber : klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar