Halaman

Sabtu, 18 Oktober 2014

FAKTA DAN HAL MENARIK TENTANG PULAU NIAS

Saya masih ingat ketika pertama kali saya memperkenalkan diri pada teman saya ketika masuk kuliah di salah satu Univeritas Swasta di Depok. Ketika mereka bertanya asal saya dimana,dan kemudian saya menjawab jikalau saya berasal dari Nias ada rasa penasaran yang kelihatan di wajah mereka. Bukan rasa penasaran mengenai keadaan Nias yang terlihat di wajah mereka,namun rasa penasaran tentang dimana sesungguhnya Pulau Nias itu terletak. Saya sebenarnya suka merasa kesal jikalau banyak orang yang sangat sangat tidak tahu Nias seolah olah dalam peta Indonesia,Pulau Nias itu sudah didepak jauh.  Saya bisa maklumi bahwa memang ternyata tidak semua orang mengenal dimana sebenarnya Pulau Nias karena selain letakknya yang kecil,Pulau Nias juga sangat jauh dari Pulau Jawa. Namun bagi orang yang sudah mengenal Nias dengan baik,akan menemui fakta-fakta unik yang hanya akan ditemui di Pulau Nias,berikut adalah fakta-fakta tentang daerah Nias :
 
1. Masyarakat Nias disebut juga 'Ono Niha' yang berarti anak Nias.Ada juga ungkapan ungkapan seperti 'Niha Khoda' atau 'Mbanuada' yang sering digunakan dalam percakapan antar sesama masyarakat Nias yang secara tidak langsung menegaskan bahwa semua masyarakat Nias itu serumpun dan bersaudara.

2. Masih terjadi kesimpang siuran mengenai asal usul sebenarnya nenek moyang masyarakat Nias,namun beberapa penelitian belakangan ini menyimpulkan masyarakat Nias memiliki struktur DNA yang sama dengan negara Taiwan.

3. Salam dalam bahasa Nias yaitu 'Yaahowu'

4. Orang Nias sangat menjunjung tinggi adat,baik itu dalam adat pernikahan,kematian,adat penyambutan tamu dan sebagainya. Beberapa adat sebenarnya masih dipegang kuat sampai saat ini,dan beberapa orang beranggapan bahwa adat adat tersebut sangat merugikan. Terlebih dalam adat perikahan yang menuntut mahar yang sangat besar dalam melaksanakan pernikahan.

5. Bagi masyarakat luar Nias berhati-hatilah terhadap yang namanya 'gelo' atau 'sigelo' :D 

6. Kebudayaan Nias yang terkenal antara lain : Lompat Batu (hombo Batu) yang merupakan tradisi yang telah dilakukan turun temurun oleh masyarakat Nias, lompat batu sendiri dilakukan oleh laki-laki dewasa yang menadakan telah dewasanya seorang pria, batu yang dilompati memiliki tinggi kira kira 2 meter, selain itu ada beberapa tari penyambutan tamu seperti tari Baluse,tari Maena,tari Moyo dan sebaginya : 
TARI BALUSE
 
TARI MOYO 




























 
LOMPAT BATU/HOMBO BATU


















7. Banyak tempat wisata tersembunyi di Pulau Nias yang terisolir dan belum terpublikasikan kepada masyarakat luas sehingga potensi untuk menjadikan daerah tersebut menjadi tempat wisata tidak optimal. Untuk ulasan lebih menarik tentang tempat-tempat wisata akan dijelaskan di postingan berikutnya :3
PULAU TELLO NIAS SELATAN
PANTAI SORAKE   

































     





































 





PANTAI TURELOTU



PANTAI PASIR MERAH AFULU




PULAU SORIKTABE
SUNSET DI KOTA GUNUNGSITOLI









Tidak ada komentar:

Posting Komentar