Halaman

Sabtu, 17 November 2012

JENIS JENIS KOMPUTER


JENIS KOMPUTER BERDASAKAN DATA YANG DIOLAH
a.Komputer Analog
Komputer analog adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan alat penghitung yang bekerja pada level analog. Level analog di sini adalah lawan (dual) dari level digital, di mana level digital adalah level tegangan tinggi dan rendah, yang digunakan dalam implementasi bilangan biner. Secara mendasar, komponen elektronik yang digunakan sebagai inti dari computer analog adalah op-amp (operational amplifier).
       Komputer analog digunakan untuk mengolah data yang sifatnya berkelanjutan dan bukan data yang berupa angka, melainkan dalam bentuk fisik seperti arus listrik, temperature, kecepatan, tekanan dan sebagainya. Output komputer analog biasanya berupa pengaturan atau pengendalian suatu mesin. Komputer ini banyak digunakan pada proses pengendalian pabrik kimia, pembangkit listrik, penyulingan minyak, atau rumah sakit untuk mengatur denyut jantung. Kelebihan komputer analog adalah kemampuannya untuk menerima data dalam besaran fisik dan dapat langsung mengukur data tersebut tanpa harus dikonversi dulu sehingga prosesnya lebih cepat. Keluarannya biasanya berbentuk graif atau bentuk dial. Contohnya pada besaran pada arus listrik yang berupa gambar-gambar grafik sinyal. Kekurangan jenis komputer ini terletak pada ketepatannya bila disbanding dengan komputer digital.

Ciri komputer analog adalah
Data yang diolah merupakan data kualitatif (pengolahan dilakukan atas pulsa kontinyu).- Digunakan dalam proses pengawasan suatu pengolahan.- Bekerja secara kontinu dan parallel.- Tidak memerlukan bahasa perantara.- Mengolah data dalam bentuk fisik.

Contoh
daripada komputer analogSebagai alat hitung : pengukur suhu,- pengukur kecepatan,- pengukur arus,- pengukur temperature,- pengukur tekanan,- dll.
Kelebihan komputer analog
 Kecocokan dalam pengukuran.- Merupakan special-purpose komputer.- Merepresentasikan besaran yang akan diproses dan yang dihasilkan dalam suatu rentang nilai tertentu yang disesuaikan dengan nilai besarannya.- Berdayaguna untuk pengontrolan yang otomatis pada proses-proses industri.
 
Kekurangan komputer analog
- Keunggulan memproses data kurang tepat.- Masih kurang bahkan tidak dapat memproses data berupa angka.- Hanya menyelesaikan suatu masalah yang khusus.- Memiliki komponen yang berlebihan dan banyak hingga disebut rumit.- Tidak terstruktur.- Tidak multifungsi.- Daya tenaga yang masuk banyak sementara daya hasil keluaran tidak seimbang/kurang.Berikut adalah komputer analog :
                                          
2.      Komputer digital
Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kwantitatif (sangat banyak jumlahnya). Data dari digital komputer biasanya berupa simbol yang memiliki arti tertentu, misalnya: simbol aphabetis yang digambarkan dengan huruf A s/d Z ataupun a s/d z, simbol numerik yang digambarkan dengan angka 0 s/d 9 ataupun simbol-simbol khusus, seperti halnya: ? / + * & !.

♦ Keunggulan komputer digital adalah :
o Memproses data lebih tepat dibanding komputer analog
o Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan untuk diproses
o Dapat melakukan operasi logika
o Data yang telah dimasukkan dapat dikoreksi atau dihapus
o Output dari komputer digital dapat berupa angka, hurup, grafik maupun gambar


Pada prinsipnya, komputer hanya mengenal dua arus, yaitu on atau off, atau istilah dalam angkanya sering juga dikenal dengan 1 (satu) atau 0 (nol). Kombinasi dari arus on atau off inilah yang yang mampu membuat komputer melakukan banyak hal, baik dalam mengenalkan huruf, gambar, suara, bahkan film-film menarik yang anda tonton dalam format digital.

3. Hybrid Computer
Komputer hybrid merupakan computer yang bekerja secara kualitatif dan kuantitatif karena merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer digital.
Komputer ini digunakan untuk aplikasi khusus yang biasanya dipakai pada robot-robot yang pakai sebagai pakerja pada pabrik serta digunakan oleh berbagai rumah sakit yang digunakan untuk memeriksa keadaan tubuh dari pasien yang pada akhirnya komputer bisa mengeluarkan berbagai analisa yang disajikan dalam bentuk gambar, grafik ataupun tulisan.
Komputer ini lebih cepat dari komputer digital dan lebih tepat dari komputer analog .
Klasifikasi Teknologi Informasi Menurut Fungsi Sistem
Berdasarkan fungsinya komputer dibagi menjadi dua kategori, komputer dengan tujuan khusus (special purpose computer) dan komputer dengan tujuan umum (general purpose computer).
Kelebihan
♦ Mampu memproses data lebih cepat dari komputer digital dan lebih tepat dari computer analog
kekurangan
♦ Biasanya dipakai untuk aplikasi khusus

JENIS KOMPUTER BERDASAKAN UKURANNYA

a.Mainframe

Mainframe adalah istilah Teknologi Informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada kelas tertinggi dari Komputer yang terdiri dari komputer-komputer yang mampu melakukan banyak tugas komputasi yang rumit dalam waktu yang singkat. Mainframe umumnya digunakan oleh banyak pengguna yang terkoneksi dengan menggunakan terminal.

 Ciri-ciri Komputer Mainframe

Memiliki Processor lebih dari satu, sehingga memiliki kecepatan proses jauh lebih cepat jika dibanding dengan mini komputer;
  • Kecepatan kerja mainframe mencapai 1 milyar operasi perdetik;
  • Dapat mengakses pada satu komputer pada saat yang bersamaan, dikenal dengan timesharing.
  • Contoh mainframe komputer:
    • IBM System/360,
    • IBM System(ESA)/390,
    • Honeywell-Bull DPS 7.
Contoh Mainframe Komputer
  1. IBM System/360
  • IBM System/360 (S/360) adalah keluarga sistem komputer mainframe pertama kali yang diumumkan oleh IBM pada tanggal 7 April 1964, dan dijual antara tahun1964 dan 1978.
  • dirancang dengan kelengkapan aplikasi, dari aplikasi kecil hingga besar, baik komersial dan ilmiah.
  • Menggunakan microcode untuk mengimplementasikan set instruksi, yang menampilkan byte 8-bit dan perhitungan biner, desimal dan floating-point.
  • Sistem operasi yang digunakan S/360 (Lebih Kecil) : Dasar Operasi System/360 (BOS/360), Tape Sistem Operasi (TOS/360), atau Disk Operating System/360 (DOS/360, yang berkembang menjadi DOS / VS, DOS / VSE, VSE / AF, VSE / SP, VSE / ESA, dan kemudian z / VSE)
  • Model S/360 yang lebih besar digunakan Sistem Operasi (OS/360): Primer Control Program (PCP), Multiprogramming dengan sejumlah Fixed number of Tasks (MFT), yang berkembang menjadi OS/VS1, dan Multiprogramming dengan sejumlah Variable number of Tasks (MVT), yang berkembang menjadi MVS.

2. IBM System(ESA)/390
  • IBM ESA/390 (Enterprise Systems Architecture/390) diperkenalkan pada bulan September tahun 1990.
  • 31-bit-address/32-bit-data IBM mainframe dirilis oleh Amdahl, Hitachi, dan Fujitsu penerus System/370 dan telah digantikan oleh bit 64-z / Arsitektur pada tahun 2000.
  • Sistem Operasi yang digunakan : OS/390, VM/CMS, VSE, Linux/390 mendukung seluruh sistem yang dikeluarkan oleg Earlier System/370.
  •  IBM System(ESA)/390
  Generasi ESA/390 :
  1. G1 – 9672-Rn1, 9672-Enn, 9672-Pnn
  2. G2 – 9672-Rn2, 9672-Rn3
  3. G3 – 9672-Rn4
  4. G4 – 9672-Rn5
  5. G5 – 9672-nn6
  6. G6 – 9672-nn7
3. Honeywell-Bull DPS 7
  • Honeywell adalah Fortune 100 perusahaan dengan tenaga kerja sekitar 128.000, dimana sekitar 58.000 dipekerjakan di Amerika Serikat
  • Perusahaan ini Bermarkas di Morristown, New Jersey.
  • chief executive officer saat ini adalah David M. Cote.
  • Perusahaan ini adalah bagian dari Dow Jones Industrial Average Indeks dari 7 Desember 1925 sampai dengan 9 Februari 2008.
Mainframe juga merupakan jenis komputer yang digunakan pada perusahaan skala besar untuk menangani pemrosesan data dengan volume sangat besar. Perusahaan komputer yang menjadi pemain utama pada kelas komputer ini adalah IBM, Fujitsu, dan Unisys. Contoh jenis mainframe yang terkenal adalah IBM S/390 Paralel Enterprise Server.
Mainframe yang memiliki kekuatan pemrosesan paling kuat dinamakan superkomputer, mampu melakukan banyak komputasi yang rumit yang memerlukan waktu lama dan umumnya digunakan dalam riset para ilmuwan, untuk pemrosesan data perusahaan atau untuk keperluan militer.

2.PENGERTIAN MINICOMPUTER

Minicomputer,komputer ini telah mengalami banyak perubahan dari komputer mainframe misalnya ukuran komputer ini lebih kecil dari komputer mainframe,biasanya minicomputer ini dipakai sebagai pusat dari semua terminal komputer yang ada dalam suatu ruangan dan komputer ini bisa membentuk suatu jaringan dengan menyambungkan dengan komputer yang lainnya.

Jenis-jenis microkomputer
*PDP-8(Programmable Data Processor 8)
yang diliris pada tahun 1965 oleh Digital Equipment Corporation (DEC) dengan harga 18500$ komputer ini paling laku pada zaman itu
*PDP-11(proggrammable data processor 11) diliris pada tahun 1970 oleh (DEC)
*VAX (virtual address extention) diliris pada akhir tahun 1970 oleh (DEC)
*xerox star,yang merupakan komputer antar muka grafis yang pertama di dunia
*IBM system/370.
a.main memory mencapai 4 MB
      b. perand registernya 64 bit
      c. Bersifat multi user
      d. Ukurannya kecil dan tidak perlu ruangan besar.

MICROCOMPUTER - MICROCONTROLER

MIKROKOMPUTER
Definisi :Mikrokomputer adalah interkoneksi antara mikroprosesor (CPU) dengan memori utama (main memory) dan antar muka input-output (I/O interface) yang dilakukan dengan menggunakan sistem interkoneksi bus.
(microcomputer) adalah sebuah kelas komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai CPU utamanya. Komputer mikro juga dikenal sebagai Personal Computer (PC), Home Computer, atau Small-business Computer. Komputer mikro yang diletakkan di atas meja kerja dinamakan dengan desktop, sedangkan yang dapat dijinjing (portabel) dinamakan dengan Laptop, karena sering diletakkan di atas paha. Ketika komputer mikro pertama kali muncul ke pasaran, komputer jenis ini dianggap sebagai perangkat yang hanya digunakan oleh satu orang saja, yang mampu menangani informasi yang berukuran 4-bit, 8-bit, atau 16-bit (dibandingkan dengan minicomputer atau mainframe yang mampu menangani informasi lebih dari 32-bit) pada satu waktunya. Pengembangan lebih lanjut, menjadikan klasifikasi antara mainframe, minicomputer dan komputer mikro menjadi tidak relevan lagi, karena komputer mikro yang baru mampu menangani informasi 32-bit, atau 64-bit dalam satu waktunya, sama seperti halnya mainframe atau minicomputer. Selain itu, komputer mikro juga sekarang telah mendukung banyak pengguna dalam satu waktunya. komputer mikro didesain untuk digunakan di dalam rumah, sekolah, atau perkantoran.
Komputer mikro pertama kali (berukuran
desktop) muncul pada tahun 1974, yang ditawarkan oleh Micro Instrumentation Telemetry System (MITS) yang didirikan oleh Ed Roberts tahun 1969. Komputer mikro tersebut, Altair 8800, dijual sebagai kit yang ditawarkan dengan sedikit di bawah 395 US$. Kit komputer tersebut harus dirakit sendiri oleh pengguna (maksud "perakitan" di sini adalah penyolderan dan penyatuan komponen, bukan seperti assembling PC saat ini yang hanya membutuhkan obeng). Altair 8800 dipersenjatai dengan mikroprosesor 8-bit Intel 8080 dan memori dengan jumlah 256 bytes (bukan kilobyte) saja; tanpa monitor, dan tanpa keyboard! Pemilik komputer tersebut harus membeli keyboard (pada waktu itu bukan keyboard, melainkan teletype) dan monitor secara terpisah. Karena tidak memiliki monitor, pengguna tidak akan menemukan pesan apa-apa dari komputer Altair 8800 ini selain LED (Light Emitting Diode) yang berkelap-kelip seperti lampu diskotek, dan juga buzzer dengan suara beep-beep-beep.


Special Purpose Computer merupakan jenis komputer yang dirancang dan digunakan untuk tujuan-tujuan pemakaian pada masalah khusus dan biasanya hanya berupa satu masalah saja. Program komputer telah disediakan di dalamnya. Jenis komputer ini dapat berupa komputer digital atau analog. Jenis komputer ini banyak dikembangkan untuk pengendalian otomatis pada proses industri, untuk tujuan militer atau navigasi di kapal selam dan pesawat, untuk bidang diagnosis di kedokteran, dan sebagainya.

.2. General Purpose Computer
   General Purpose Computer merupakan jenis komputer yang dirancang dan digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah. Dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai macam program dan permasalahan yang berbeda seperti pengolahan kata, grafis, permainan, multimedia, dan lain-lain. Yang termasuk dalam jenis komputer ini adalah PC (Personal Computer) yang biasa digunakan di rumah, kantor atau sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar