Halaman

Sabtu, 18 April 2015

TIPS MENGATUR KEUANGAN YANG BAIK UNTUK MAHASISWA

Sebagai mahasiswa khususnya yang ada di daerah perantauan, sangat penting sekali mengatur keuangan tiap bulannya, khususnya agar uang bulanan tidak habis sebelumnya waktunya, berikut ada beberapa tips untuk mengatur keuangan mahasiswa :

1. Perencanaan Anggaran
    Merencanakan alokasi keuangan sangatlah penting, tidak peduli darimana uang tersebut berasal, tetapi perencanaan anggaran sangatlah penting. Anda dapat membuat perencanaan ulang yakni dengan menuliskan rencana dan tujuan penggunaan uang tersebut misalnya beberapa kebutuhan untuk makan, membayar kos, memenuhi kebutuhan kuliah, menabung dll.

2. Membuat Pencatatatn Keuangan
    Untuk membuat pencatatan keuangan tidaklah sesulit yang kamu bayangkan, kamu hanya perlu mencatat darimana dan berapa uang yang masuk dan berapa serta untuk apa uang tersebut dikeluarkan. Ini sangat penting untuk evaluasi dikemudian hari dan menghindari hal-hal yang tidak perlu terulang kembali pada waktu berikutnya.

3. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan
    Setiap orang tentu memiliki kebutuhan dan keinginan, dalam kondisi ini kamu harus bisa membedakan manakah kebutuhan dan manakah keinginan. Biasanya ketika banyak uang ditangan, keinginan ini dan itu mulai muncul, sebelum membelanjakannya prioritaskan dulu kebutuhan anda termasuk menabung baru setelah ada sisanya untuk memenuhi keinginan.

4. Membuka Rekening
    Rekening sangat penting, selain untuk menerima kiriman dari orangtua, rekening juga berfungsi sebagai tabungan. Sebab jika uang tabungan dipegang, akan timbul keinginan untuk membelanjakannya, jadi sebaiknya disimpan dalam rekening tabungan sebagai wadahnya.

sumber :
@PDGunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar